Proposal Pengajuan PA

A. Judull Proyek Akhir

        SISTEM INFORMASI RAWAT JALAN PADA RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK CITRA INSANI DENGAN MICROSOFT VISUAL BASIC 6.0”.

 B. Latar Belakang Masalah

        Di tengah dunia yang makin dinamis, efisiensi menjadi satu hal yang sangat penting. Efisiensi menjadi salah satu kunci bagi suksesnya penyelenggaraan kerja di suatu institusi. Setiap organisasi baik lembaga pemerintah maupun dunia usaha swasta dituntut untuk mampu melaksanakan fungsi manajemen dengan baik yang mampu memberikan pelayanan yang cepat, akurat, dan efisien.

         Berbagai cara untuk mencapai tujuan pemberian pelanyanan tersebut dilakukan oleh setiap pengelola dunia usaha maupun dunia industri. Seiring dengan perkembangan dunia usaha yang semangkin pesat maka pelaku di dunia usaha dituntut untuk memanfaatkan komputer untuk penciptaan sistem akuntansi yang efektif dan efesien, terutama dalam hal penyajian informasi bagi pihak manajemen maupun pihak luar perusahaan. Salah satu cara untuk mencapai sistem akuntansi tersebut adalah dengan memanfaatkan teknologi informasi yang sedang berkembang.
         

          Salah satu perkembangan teknologi informasi yang beredar saat ini adalah teknologi berbasis komputer. Teknologi berbasis komputer dan komunikasi data, pada saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat seiring dengan pesatnya perkembangan bidang teknologi informasi. Banyak orang memikirkan suatu system pelayanan bagi masyarakat luas, khususnya di bidang kesehatan. Tanpa mengindahkan kenyamanan pelayanan hanya dengan sistem yang sederhana.Melalui system basis data maka pelayanan kepada masyarakat akan dapat terpenuhi dengan baik dari segi kenyamanan maupun segi keefisiensian.
             

          Pengolahan data termasuk dalam pengolahan data dengan bantuan program yang dieksekusi system komputer. Program dan data dimasukkan ke dalam system komputer lewat unit masukan ( input ). Sedangkan alur informasi yang ada diatur sedemikian rupa sehingga alur informasi mulai dari pasien datang hingga pasien pulang dikerjakan secara baik sehingga para pelaku ( pihak rumah sakit maupun pasien ) yang membutuhkan informasi dapat dengan segera memperoleh dengan cepat. Hal ini dapat berdampak pada tingkat penyelesaian masalah yang biasa timbul dalam pelayanan masyarakat dibidang kesehatan. Secara umum dapat dikatakan bahwa sistim komputerisasi melalui sistim informasi yang berbasis data dapat memberikan fasilitas penanganan sejumlah data yang nantinya diolah dalam suau teknologi informasi yang nantinya dapat menghasilkan suatu sistim informasi yang mengetengahkan data daripada para pelaku yang turut berkecimpung didalam rumah sakit, mulai pasien, dokter, perawat, petugas administrsi, sampai dengan data dari pihak pengelola rumah sakit tersebut.
         Proses pelayan yang diberikan pada para pasien yang ada pada Rumah Sakit Ibu dan Anak Citra Insani, masih kurang efektif dan efesien. Karena proses penanganan administrasi para pasien masih dilakukan secara manual. Mulai dari pendaftaran pasien sampai dengan perhitungan biaya yang ditangguhkan kepada pasien. Sehingga proses informasi berjalan dengan lamban yang akibatnya informasi yang dihasilkan untuk pasien maupun pihak rumah sakit berjalan sangat lambat.
         Terkait dengan hal tersebut dan untuk menciptakan sistem yang terintegrasi pada sebuah komputer, maka penulis mengangkat judul “Sistem Informasi Rawat Jalan Pada Rumah Sakit Ibu Dan Anak Citra Insani Dengan Microsoft Visual Basic 6.0”.

C. Indentifikasi Masalah

        Berdasarkan latar belakang diatas, maka indentifikasi masalah yang akan dijadikan dasar pembahasan dalam projek akhir ini adalah :

  1. Pengelolaan administrasi bagi pasien rawat jalan maupun rawat inap berjalan kurang efektif dan efesien. Hal ini kemungkinan disebabkan karena prosesnya masih dikerjakan secara manual.
  2. Waktu yang dibutuhkan dalam hal proses administrasi pasien rawat jalan maupun pasien rawat inap masih berjalan dengan lamban, sehingga pelayanan yang diberikan kepada para pasien belum berjalan secara maksimal.
  3. Laporan yang dihasilkan belum dapat diakses sewaktu-waktu.

D. Pembatasan Masalah

           Berhubung sistem yang ada pada Rumah Sakit Ibu dan Anak Citra Insani begitu luas, maka penulis disini akan membahas seputar sistem yang ada pada bagian rawat jalan saja. Batasan dari projek ini adalah pembuatan sistem informasi yang melingkupi :

  1. Pendaftaran Pasien rawat jalan
  2. Informasi Poli
  3. Informasi dokter praktek
  4. Informasi tindakan medis
  5. Laporan tagihan kepada pasien rawat jalan
  6. Pencetakan laporan

E. Tujuan Projek Akhir
           Adapun yang menjadi tujuan akhir proyek akhir ini adalah :

  1. Tujuan Umum
           Mengetahui keadaan sistem rawat jalan yang ada di Rumah Sakit Ibu dan Anak Citra Insani.
  2. Tujuan Khusus
            Pembuatan sistem informasi rawat jalan dengan menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0, Cristal Report, dan Microsoft Acces yang mampu menghasilkan laporan internal dan eksternal yang valid dan sesuai dengan yang dibutuhkan pihak rumah sakit.

F. Kegunaan Penelitian

  1. Manfaat bagi penulis
              Menambah wawasan mengenai pembuatan sistem informasi rawat jalan yang ada dirumah sakit.
  2. Manfaat bagi institusi pendidikan :
              Sebagai masukan dalam pengembangan dan penelitian lebih lanjut mengenai sistem informasi rawat jalan yang ada pada rumah sakit.
  3. Manfaat bagi Rumah Sakit Ibu dan Anak Citra Insani :
              Penggunaan sistem informasi rawat jalan dapat membantu bagian rawat jalan untuk mendapatkan laporan internal maupun eksternal yang dibutuhkan untuk mendukung pihak manajemen dalam pengambilan keputusan.

G. Prosedur Pengumpulan Data

          Untuk penyusunan tulisan ini, penulis menggunakan teknik pengumpulan data sebagai berikut :

  1. Studi Lapangan
            Studi Lapangan adalah penelitian yang dilakukan dalam kehidupan yang sebenarnya (Mardialis,1995, hal 28). Studi lapangan ini dilakukan secara langsung di Rumah Sait Ibu dan Anak Citra Insani, adapun metode pengumpulan data dengan menggunakan :
    a. Metode Observasi
              Yaitu pengumpulan data yang dilakukan dengan cara mengadakan pengamatan langsung ke perusahaan     yang terkait.
    b. Metode Wawancara
              Yaitu pengumpulan data yang dilakukan dengan cara tanya jawab dengan pimpinan perusahaan dan karyawan yang berada di perusahaan tersebut.
  2. Studi Perpustakaan
              Yaitu penelitian yang didasarkan pada pengumpulan data keperpustakaan yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Studi ini ditempuh dengan cara :
  • Melakukan pengumpulan data yang bersumber dari berbagai buku bacaan, baik itu buku yang   bersifat    ilmiah    maupun buku yang bersifat umum.
  • Melakukan pengumpulan data dari pengetahuan yang dimiliki penulis. Baik yang diperolehnya dari pengalaman maupun dari pendidikan yang ditempuh oleh penulis tersebut.

H. Tinjauan Pustaka

  1. Pengertian Rawat Jalan
              “Rawat Jalan adalah pelayanan keperawatan kesehatan perorangan yang meliputi observasi, diagnosa, pengobatan, rehabilitasi medik tanpa tinggal di ruang rawat inap pada sarana kesehatan” (Dinas Kesehatan Jawa Tengah, 2008).
  2. Gambaran Umum Microsoft Visual Basic 6.0
               Microsoft Visual Basic 6.0 adalah bahasa program yang bekerja dalam lingkup MS-Windows (M. Agus J. Alam, 2001:1). Microsoft Visual Basic berasal dari bahasa pemrograman Basic (Beginners All Purpose Symbol Instruction Code) (Divisi Penelitian dan Pengembangan LPKBM MADCOMS, 2004:12). Bahasa Basic diperkenalkan pertama kali oleh Dartmouth College pada tahun 1960. Kemudian beberapa pengembang software mempopulerkan bahasa Basic dengan membuat berbagai macam aplikasi seperti GW-Basic, Qbasic dan Quick Basic. Visual Basic.
             Visual Basic 6.0 memiliki kelebihan-kelebihan yang tidak dimiliki oleh versi sebelumnya. Kelebihannya antara lain kompiler (proses compile) dapat dilakukan dengan cepat, mendukung kontrol data objek yang baru, mendukung berbagai macam database, pembuatan laporan yang lebih mudah dan mendukung pengaksesan terhadap internet.
              Visual Basic 6.0 dapat menghasilkan tipe data yang dapat disesuaikan sendiri. Tipe data tersebut dapat berupa argumen dan properti. Dengan adanya fasilitas Native Code untuk mengkompilasikan source code, maka akan menghasilkan suatu aplikasi dengan waktu eksekusi lebih cepat.
               Visual Basic 6.0 menyediakan tiga macam interface yang bisa digunakan untuk merancang aplikasi sesuai dengan kebutuhan. Interface tersebut berupa MDI (Multi Document nterface), SDI (Single Document Interface) dan EDI (Exploler Document Interface). Modifikasi pada masing-masing bagian akan terasa lebih mudah.   Fasilitas yang disediakan juga lebih lengkap sehingga bisa memenuhi selera programmer yang pada akhirnya akan meningkatkan produktivitas kerja.

I. Analisa Dan Perancangan Sistem

  1. Tahap Analisis Sistem
               Tahap Analisis Sistem adalah sebuah tahap pengidentifikasian sebuah masalah secara jelas dan kemudian menentukan cara pemecahannya.
  2. Tahap Design
              Pada tahap ini programmer membuat rencana mekanisme program yang meliputi bentuk input dan output yang merupakan gambaran tentang data yang diproses dan informasi yang dihasilkan. Agar program yang disusun dapat terarah dan menghasilkan informasi yang sesuai dengan kebutuhan.
  3. Tahap Coding
               Penyusunan program dilakukan dengan menggunakan bahasa yang sesuai. Pada tahap ini penulis menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic.
  4. Tahap Debuging
             Pada Debuging adalah tahap melakukan pencarian kesalahan-kesalahan program dan memperbaiki kesalahan tersebut sehingga program yang dibuat dapat berjalan dengan baik.
  5. Tahap Compilling
             Pada tahap ini aplikasi yang telah dibuat, dikompilasi (Compile) untuk membuat sebuah file executable. File executable merupakan file yang berekstensi *.exe yang dapat berjalan sendiri tanpa menggunakan program induk seperti Microsoft Visual Basic.
  6. Tahap Dokumentasi
             Tahap terakhir ini adalah menuliskan petunjuk mengenai penggunaan program agar mudah dijalankan oleh pihak yang berkepentingan.

J. Jadwal Pelaksanaan Proyek Akhir
No: Kegiatan: Bulan
Juli Agust Sept Okt
1. Study Pustaka *** ***
2. Perancangan Sistem *** ***
3. Pembuatan perangkat lunak *** *** ***
4. Pengujian dan analisa sistem *** ***
5. Penyusunan laporan ***

K. Daftar Pustaka
Supardi yuniar. Microsoft Visual Basic 6.0 untuk Segala Tingkat. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2008 

 LPKBM Madcoms, Divisi Penelitian dan Pengembangan. Panduan Pemrograman dan Referensi Kamus Visual Basic 6.0. Madiun; Penerbit Andi dan Madcoms, 2005.

 i, ST. MSi, Konsep Pengembangan Sistem Basis Data. Bandung:Informatika, 2004

 Kendall & Kendall. Analisis dan Perancangan Sistem. Jakarta: Indeks.2006

Iklan

3 Responses to Proposal Pengajuan PA

  1. dha berkata:

    Aslkm mkasih y

  2. Vina Igirisa berkata:

    Thanks bangetz udah Posting about Proposal ini….
    aku udah copy – paste…
    buat tugas2-q…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: