Tebes Lues Kampung Yang Nyaman

Tebes Lues adalah sebuah perkampungan yang terletak di kecamatan Bies Kabupaten Aceh Tengah. Jarak tempuh menuju kampung tebes lues ±8 KM dari pusat kota takengon. Tebes lues dihuni oleh beragam suku bangsa, walupun ada perbedaan suku, namun kehidupan disana amatlah tentram dan nyaman. Hal ini bisa kita lihat sewaktu kita melangkah masuk perkampungan tersebut, kiri kanan jalan dikampung ini dipenuhi dengan sederetan bunga yang berwarna kuning. Bunga-bunga tersebut ditanam dan dirawat secara bersama-sama oleh warga setempat dengan rasa kegotong-royongan. Hal ini dilakukan oleh warga tampa adanya unsur paksaan, melainkan oleh kesadaran masing-masing untuk menciptakan lingkungan yang indah dan nyaman.
Tidak hanya indah Kampung ini juga pernah ditabalkan sebagai kampung Kammawar (Kampung Mawaddah Warahmah). Dan pada tahun 2007 Kampung Tebes Lues terpilih sebagai Kampung Terbaik di Nanggroe Aceh Darussalam. Hal ini dibuktikan dalam lomba kampung se Provinsi NAD, dan Kampung Tebes Lues keluar sebagai Juara pertama dalam lomba tersebut. Tidak sebatas tingkat provinsi saja, tapi ditingkat Nasional  kampung Tebes Lues Mendapatkan peringkat kedua dalam lomba Kampung Tingkat Nasional Tahun 2007.

Mata pencarian warga di kampung ini 95 persen adalah petani kopi. Sejak Matahari terbit kita jarang menjumpai warga yang berdiam diri dirumah. Dikala pagi tiba warga disibukkan dengan aktivitas diperkebunan kopi milik warga setempat. Beraneka ragam kegiatan di perkebuna tersebut, mulai dari membersihkan kebun, memetik buah kopi, dan lain sebagianya. Mereka yang tinggal dikampung ini belum merasa puas dengan pendapatan dari bercocok tanam kopi. Selain dari kopi, penghasilan mereka berasal dari hasil pertanian yang lain, yaitu dari hasil palwija yang ditanam diselah-selah pohon kopi. Adapun hasil palawija tersebut berupa, Cabe, Tomat, Kubis dan yang lainnya. Bisa dikatakan perkebunan di kampung ini adalah perkebunan Tumpang Sari, karena Banyak tanaman yang mereka budidayakan dalam satu area pertanian. Tidak hanya Kopi dan Tanaman Palawija saja tapi ada buah-buahkan juga, yang bisa menambah penghasilan warga. Buah-buahan yang ada dikampung ini seperti, Nangka, Jeruk, Pisang, dan Buah Alpukat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: